fenomena bukber, tapi ga teraweh


Kawan, pernahkan kalian tau, dulu.. sebelum pandemi tiba, biasanya di bulan ramadhan, mungkin ada sekumpulan muda mudi yang lagi acara buka bersama, tapi mereka keasyikan ngobrol sampe ga teraweh. Hah? Siapa? Entah.. siapapun itu. Dosa kah? Tidak, tentu tidak berdosa, sholat tarawih kan sunnah hukumnya, bukan wajib. Tapi ada yang lebih parah lagi, dan yang ini sangat berdosa, buka bersama katanya, tapi habis makan keasyikan nyemil sama ngobrol sampe isya’, ninggalin sholat maghrib. Padahal sholat maghrib kan hukumnya wajib, sama seperti puasa, wajib.

Awalnya aku juga tidak tau, tidak kepikiran dan tidak ingin memikirkannya. Karena setiap kali aku dan teman-teman ada acara buka bersama, tidak pernah kami meninggalkan tarawih, apalagi sholat maghrib. Selalu kami laksanakan, baik berjamaah di masjid, atau membuat jamaah sendiri bersama teman teman. Kecuali, kalau kita pulangnya sebelum isya’, jadi masih sempet ikut tarawih di kampung masing-masing.

Aku mengetahui fenomena itu dari cerita temanku,. Suatu hari ketika kami pulang dari sebuah acara di bulan ramadhan, kami melewati deretan resto-resto kecil di daerah GKB. reyhan yang duduk di dekat jendela mobil, melihat-lihat ke luar jendela.

“Rek, kalian tau ta, ituloh di sana biasanya rame terus sampe isya’, banyak kumpulan anak-anak yg ngadain bukber di resto itu, mereka ga pulang-pulang sampe isya’, mereka gak sholat maghrib apa, ga teraweh juga”
Begitu kira-kira seingatku, dialog rey pada kami, yang juga ikut memandangi jendela.
“Hush, kamu jangan suudzon” sahutku. “Di resto kan juga ada musholla nya, bisa saja mereka sholat maghrib di sana, mereka sholat dulu, lalu melanjutkan makannya. Kalau masalah teraweh, bisa saja mereka teraweh di rumah sendiri nanti. “

Reyhan ga setuju sama pendapatku “Sholat gimana, mushollanya tu kecil, ga mungkin kali muat buat mereka semua meskipun gantian gantian, kalau gantian sholatnya juga bakal kelihatan di meja makannya agak sepi, lah ini aku sering amati sendiri, mereka disitu terus.. ” kata Reyhan.

Aku menyerah, mau husnudzon seperti apapun, hatiku tak bisa menafikan fenomena itu. Sedih? Tentu saja kami semua sedih mendengarnya. Beragam pendapat keluar dari teman-teman yang lain, ada yang mengiyakan perkataan Rey, ada yang memilih cuek, ada pula yang pusing apa maksud mereka. Puasa tapi meninggalkan sholat, bukan kah itu seperti terasa sia-sia.

Kami diskusi tentang itu, coba dipikir, kalau mereka niatnya mau sholat jama’ dan qoshor, rumah mereka-mereka itu paling juga ga jauh dari sini.

Kawan, di samping sholat maghrib dan isya’ yang memang wajib dan tak boleh ditinggalkan, sholat tarawih itu cuma ada di bulan ramadhan, sekalipun hukumnya sunnah, tapi sayang kalau dilewatkan.

Dan taun lalu, saat pandemi tiba tiba datang, aku hanya berfikir, mungkin ini peringatan Allah bagi mereka yang acara bukber nya salah. Agar kita bisa berbuka di rumah bersama keluarga dan terjaga ibadahnya serta bisa bermuhasabah.

Aku bersyukur, aku beruntung punya teman-teman yg baik. Oh iya, sebenernya ada loh cara bikin acara bukber yang bisa sampe malem tapi ga pake tarawih bersama, yakni bukbernya pas malem terakhir, pas malem takbiran, nah habis bukber bisa lanjut acara takbir keliling deh, seru kan. 😁. Tapi karena ini masih pandemi, tetep protokol kesehatannya jangan lupa ya kawan.

Tinggalkan komentar